-->

Cyanogen OS "Rom Oprekan" Berhenti, Akan Ada Lineage OS?

DroidBuzz.net - Sistem operasi oprekan atau yang biasa disebut dengan istilah "Custom Rom" yang dinaungi oleh perusahaan Cyanogen inc telah mengumumkan untuk menghentikan layananan Custom Rom mereka pada akhir 2016 ini, tepatnya pada tanggal 31 Desember 2016.

Sebelumnya memang sudah beredar luas rumor yang mengatas namakan bahwa CyanogenMod akan menghentikan layanannya, namun akhirnya dikonfirmasi juga pada laman resmi perusahaan pada 23 Desember 2016 lalu. Namun source code dari cyanogen ini sendiri akan tetap dapat dinikmati oleh pengguna personal dan komunitas dan bisa terus dikembangkan.
As part of the ongoing consolidation of Cyanogen, all services and Cyanogen-supported nightly builds will be discontinued no later than 12/31/16. The open source project and source code will remain available for anyone who wants to build CyanogenMod personally.
Kabar ini tentunya membuat para pemakai oprekan android ini sangat kecewa dan tidak bisa lagi mendapatkan support update lagi dari team CyanogenOS, dan ini akan mengharuskan smartphone yang sudah menggunakan CyanogenOS ini beralih ke CyanogenMod OS yang biasanya dikembangkan oleh komunitas, dengan resiko ada ketidak stabilan bahkan bug.

Lineage OS pengganti Cyanogen OS ??

Karena Cyanogen berhenti, maka para pengembang akan membuat proyek baru dengan brand Lineage OS yang namanya sengaja tidak menggunakan brand cyanogen os yang memang sudah sangat melekat dengan perusahaan Cyanogen inc.

Jadi untuk kamu yang sudah menggunakan custom rom sekarang tidak perlu kawatir lagi, karena tim Lineage OS sedang mempersiapkan semuanya, bahkan source code dari os ini sudah dapat kamu lihat di github.

Para pengembang juga menjanjikan Lineage OS tidak sekedar berganti nama namun juga akan memiliki antar muka baru, dan saya kira akan ada kejutan baru di 2017 untuk os berbasis nouget 7.1 atau yang lebih tinggi. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Sumber Referensi: Tekno Kompas, Phone Arena.

Tambahkan Komentar Sembunyikan